Mencegah Pikun dengan cara-cara yang mudah.

Penurunan daya ingat seseorang merupakan hal yang sering terjadi, terlebih kepada orang yang sudah lanjut usia. Ini disebabkan karena kinerja otak sudah mulai melambat, namun ternyata hal ini bisa di hindari dengan beberapa cara yang mudah.

Tidur Cukup

Dengan tidur yang cukup, seseorang dapat mengingat sesuatu dengan lebih mudah, karena ada proses yang terjadi di bagian otak kita dimana informasi-informasi yang baru saja kita dapatkan akan diolah menjadi memori jangka panjang. Dalam jurnal Learning and Memory, sang penulis menyarankan agar seseorang setidaknya mendapatkan tidur yang berkualitas sebelum ujian.

Konsumsi Kacang

Magnesium pada kacang, merupakan mineral alami yang dapat meningkatkan kinerja memori jangka pendek dan jangka panjang kita. Penelitian mengenai hal tersebut sudah dilakukan oleh Universitas Tsinghua, dimana hasilnya menunjukkan kalau Magnesium dapat meningkatkan fungsi dari hubungan antar sel otak.

Konsumsi Blueberry

Dalam jurnal Agricultural dan Food Chemistry, dengan jumlah kandungan antosianin yang merupakan antioksidan yang menciptakan warna biru pada blueberry ini ternyata dapat menurunkan resiko dari penurunan daya ingat.

Bermain Scrabble

Aktivitas satu ini ternyata, dapat mencegah seseorang untuk penurunan daya ingatnya, melalui studi dari jurnal Neurology mengemukakan bahwa permainan yang satu ini dapat melatih kemampuan otak dalam merangkai kata sehingga seseorang cenderung dapat mengingat sesuatu dengan cepat dan juga meningkatkan performa memorinya.